15 Maret 2008      0 komentar

Fasilitas Anjungan Internet:
Sedikit, sering eror lagi !!!

Oleh : Boy Tidarmawan Putra*

Teknologi merupakan salah satu produk yang dihasilkan manusia untuk memenuhi kebutuhan umat manusia pada umumnya. Kecanggihan teknologi yang berkembang pada jaman sekarang ini, tentunya sangat bermanfaat untuk manusia dalam mencari informasi, berkomunikasi serta menjalankan aktifitas sehari-hari. Salah satu produk teknologi yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang yaitu internet. Internet merupakan suatu kecanggihan teknologi yang dapat digunakan dalam segala bidang.
Salah satu contoh kegunaan internet yaitu dapat digunakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber. Pada dasarnya internet mempunyai manfaat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Fakultas Hukum UII merupakan salah satu fakultas ternama di Yogyakarta. Tiap tahun menghasilkan para sarjana hukum yang sangat berkompeten dalam bidangnya, tetapi seiring dengan nama besar yang disandangnya, membuat FH UII ini terlena dan terlelap dengan kondisi yang ada tanpa mau berubah. Tengok saja betapa lambannya kampus ini menyediakan jasa internet gratis bagi civitas akademikanya.

Terkait dengan pentingnya teknologi pada jaman sekarang, tentu fasilitas internet sangat dibutuhkan dalam suatu pendidikan pada khususnya. Bagi mahasiswa FH UII, tidak hanya penting untuk mendapatkan informasi-informasi umum dari berbagai dunia, fasilitas internet ini juga berfungsi untuk mengetahui kegiatan akademik semua mahasiswa FH UII. Nilai hasil ujian tiap semester, jadwal pembayaran SPP, informasi beasiswa, dan semua informasi terkait dengan kegiatan akademik bisa diperoleh dari fasilitas tersebut.

Tentu ketika berbicara hak dan kewajiban, harusnya mahasiswa yang sudah menjalankan kewajiban membayar SPP, seharusnya juga mendapatkan haknya sebagai mahasiswa, salah satu hak yang wajib diberikan kepada mahasiswa adalah fasilitas yang dapat memperlancar kegiatan akademik. Salah satu contoh hak yang dapat digunakan untuk memperlancar kegiatan akademik adalah fasilitas anjungan internet. Tetapi permasalahannya disini adalah jumlah anjungan internet di FH UII yang bisa dibilang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa di FH UII. Jumlah mahasiswa UII yang berjumlah sekitar kurang lebih 3000 orang hanya difasilitasi 9 unit. Dan permasalahan pun tidak hanya sebatas pada jumlah kuantitasnya tetapi kwalitasnya-pun buruk. Dalam artian internet tidak dapat digunakan, hal ini tentu sangat merugikan mahasiswa.”Sudah anjungan Cuma sedikit..error lagi ...kata-kata ini tidak jarang kita dengar...”

Sebenarnya saat ini berbicara tentang penambahan jumlah unit anjungan sudah kadarluarsa, mengingat kampus-kampus yang notabene lebih “rendah” satusnya dari FH UII sudah mampu menyedikan hot spot gratis bagi mahasiswanya. Kabarnya, akhir desember nanti pihak kampus akan merealisasikan keinginannya untuk memasang jaringan hot spot di kampus tercinta ini. Mudah-mudahan kehadirannya nanti akan mensupport kegiatan akademik di fakultas ini, bukan malah sebaliknya semakin membuat pusing kepala dengan aksesnya yang lambat dan mungkin juga akan sering eror. Kita berharap hal ini tidak terjadi.

Kita tidak tahu apakah Fakultas ternama yaitu FH UII hanya dapat menyediakan 9 unit internet dalam kampusnya atau ini hanya merupakan suatu langkah awal fakultas dalam memberikan fasilitas yang maksimal bagi mahasiswa, tentu kami para mahasiswa menunggu jawaban atas pertanyaan tersebut. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, harapannya para pimpinan fakultas lebih meningkatkan serta menindak lanjuti permasalahan-permasalahan yang ada, permasalahan fasilitas internet ini tentu hanya sebagian kecil masalah yang timbul di FH UII. Tetapi bukan berarti masalah yang kecil tidak harus diselesaikan bukan?...

* Penulis adalah Wakil Sekertaris Jendral Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ( DPM FH UII )periode 2006-2008



0 komentar: